Brokoli Bisa Mencegah Kanker Asal Dimasak Dengan Cara Dikukus

Baca Juga

Brokoli ternyata adalah jenis sayuran mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Kandungan vitamin C, serat, hingga antioksidan dalam Brokoli berkhasiat mencegah kanker. Tetapi untuk memperoleh manfaat Brokoli harus memperhatikan cara memasaknya agar tidak kehilangan nutrisi didalamnya.



Brokoli yang direbus atau dimasak dalam microwave menurut sebuah studi akan kehilangan kandungan nutrisi yang bisa melawan kanker. Menurut presentasi di American Institute for Cancer Research Conference, cara terbaik mengolah brokoli adalah dengan mengukusnya selama tiga hingga empat menit.

Brokoli kaya akan sulforaphane zat pada tumbuhan yang terbukti melindungi tubuh dari kanker. Dengan cara dikukus sampai warna sayur berubah jadi hijau terang bisa meningkatkan zat yang berfungsi melawan dan mencegah kanker tersebut. Sulforaphane dibentuk oleh enzim myrosinase dalam brokoli

Kandungan enzim myrosinase bisa hilang jika brokoli dimasak dengan cara direbus atau microwave walaupun hanya sebentar. Sedangkan bila dikukus selama lima menit, kandungan enzimnya tetap utuh.

Hasil penelitian ini memberikan pencerahan  kepada banyak kalangan cara memasak makanan di dapur bisa jadi sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Dan dengan cara memasak yang benar bisa membuat Anda terhindar dari ancaman kanker.