Cara Membuat Tas dari Daun Pandan Wangi

Baca Juga

Salam Kerajinan Tangan. Daun pandan adalah daun yang memiliki banyak manfaat dan khasiatnya. Disini kita akan mempelajari Cara membuat tas anyaman dari daun pandan. Daun pandan sudah lama dikenal sebagai penumbuh aroma pada produk makanan, produk kecantikan, hingga produk kesehatan. Namun, saat ini, daun pandan juga bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan tikar, tas, kursi dan masih banyak berbagai suvenir lainnya. Tentu saja, nilai ekonomis kerajinan pandan ini juga tinggi.


Sebelum daun pandan dibuat tas daun pandan harus diproses melalui beberapa tahapan. Mari simak langkah-langkah cara membuat kerajinan tangan dari daun pandan ini. Cekidot !

Cara Membuat :

  • Setelah pandan dipanen kemudian dibersihkan dan dibuang duri-durinya.
  • Kemudian, daun pandan dipotong sesuai ukuran anyaman, yakni mulai 1sentimeter (cm) hingga 3 cm.Potongan-potongan tersebut lantas direbus hingga 30 menit. Proses perebusanini bertujuan untuk menghilangkan getah daunnya. Kemudian, daun pandandikeringkan di tempat sejuk dan terhindar dari sinar matahari. “Jika tertimpasinar, daun itu bisa menggulung,”
  • Setelah didiamkan sekitar enam jam, baru daun itu dilemaskan dan direndamdalam air biasa selama empat jam.
  • Baru kemudian dijemur di terik matahari hingga berwarna keputihan.
  • Setelah itu, daun pandan itu siap diwarnai. Setelah proses pewarnaan yangberlanjut pengeringan selesai, daun pandan siap dianyam.
  • Daun pandan diayam sesuai dengan pola tas
Berikut contoh gambar tas kerajinan anyaman dari daun pandan wangi ini:
Kerajinan daun pandan wangi kering 

Kerajinan daun pandan wangi kering


Kerajinan daun pandan wangi kering 

Masih banyak cara yang perlu dikembangkan, dan perlu proses beberapa hari. Dalam menganyam juga perlu pemandu untuk menghasilkan anyaman yang kemudian bisa menjadi sebuah barang kerajinan. Tentu harus banyak-banyak belajar dalam kerajinan ini. Seperti kata “berlatih membuat sempurna”.

Demikian penjelasan tentang cara membuat dari daun pandan. Jangan lupa like dan lihat kerajinan tangan lainnya hanya di Kukuh Craft. Apabila sobat masih kebingungan, silahkan bertanya pada kolom komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !