Membuat Rak Buku Minimalis dari Papan

Baca Juga

Salam kerajinan Tangan. Untuk postingan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat rak buku minimalis/sederhana dengan menggunakan papan.  Risih memang jika melihat buku-buku kesayangan kita berserakan. Untuk itu, kita harus berinovasi untuk membuat rak buku tanpa mengeluarkan biaya ataupun harus hemat. Sebenarnya tidak hanya untuk buku, namun masih banyak barang lainnya yang dapat diletakkan di atas rak papan ini.
Ngomong-ngomong soal buku nih, pada postingan sebelumnya kita juga telah membahas bagaimana membuat buku sendiri dengan sampul unik, dan juga assesoris bukunya yaitu pembatas buku. Untuk alat tulisnya, kita juga sudah mempelajari bagaimana cara membuat tempat pensil dari pelepah pisang.
Oke, langsung saja ke bahan dan cara membuatnya.

Bahan dan alat :

  • Papan kayu, anda dapat membelinya di tukang kayu atau sudah banyak dijual di beberapa supermarket, saya pernah menjumpainya di Giant
  • Penyangga L, yang banyak di jual di toko material
  • Paku dan baut
  • Palu dan obeng
  • Bolpoint atau pensil untuk menandai lubang

Cara membuat :

  • Pasang penyangga L pada papan, namun jangan memanteknya, tandai saja lubang pada penyangga L terlebih dahulu, lalu tancapkan paku pada masing-masing lubang, beberapa milimeter saja. Bekas tancapan paku ini akan digunakan sebagai jalan untuk mengunci baut. Jika kita langsung memasang penyangga L pada kayu lalu baru memasangnya di dinding, kemungkinan kita akan kesulitan untuk menancapkan paku ke dinding karena terhalang oleh kayu.
  • Tempelkan di dinding untuk menandai lubang mana saja yang harus dipaku di dinding, lalu pasang penyangga L di dinding dengan paku.
  • Langkah terakhir, pasang papan di atas penyanggal L yang sudah terpasang di dinding, pasang bautnya dengan obeng.
Rak buku minimalis ini sudah siap digunakan untuk meletakkan buku ataupun barang-barang anda.




Demikian cara membuat rak buku minimalis dari papan ini. Jangan lupa untuk membaca kerajinan tangan laiinya ya ? 
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !