Donasi

Cara Mengobati Sakit Pinggang, Gejala dan Penyebabnya

Baca Juga

Cara Mengobati dan Mengatasi Sakit Pinggang  - Sakit pinggang umumnya dialami oleh para manula di mana tulang-tulang mereka rapuh, namun orang-orang muda di masa produktif pun mengalaminya karena kondisi pekerjaan dsb. Berikut Cara Mengobati dan Mengatasi Sakit Pinggang beserta gejala dan Penyebabnya :

Penyebab Sakit Pinggang : 

  • Adanya masalah mekanik pada susunan dan kesatuan fungsi tulang belakang ;
  • Gerak atau sikap badan yang salah sewaktu membungkuk dan mengangkat beban atau barang ;
  • Penggunaan sepatu dengan tumit tinggi, dikarenakan dalam situasi normal tulang belakang tempat pinggang memiliki lengkungan ke depan. apabila lengkungan ke depan tersebut berlebihan, dapat menyebabkan gejala sakit pinggang
  • tidur dengan alas/dasar yang terlalu lentur hingga bikin tulang belakang mengikuti lekukan alas yang ditiduri.
  • Kurang berolahraga hingga mengakibatkan kelenturan sendi-sendi serta jaringan turut alami penurunan, hingga otot mudah cedera dikarenakan gerakan yang saderhana, layaknya : mengangkat, mendorong, atau membungkuk.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang : 

Olahraga 
Sakit Pinggangsakit pinggang dapat disebabkan jarangnya aktivitas olahraga, membuat otot-otot pinggang menjadi kaku, hingga kerap merasa sakit.

Janganlah mengangkut beban berat 
Satu penyebab utama karena memaksakan diri mengangkut beban berat sendirian. maka membuat pinggang melemah apalagi jika mengangkat dalam waktu lama atau dilakukan berulang-ulang. jangan remehkan meminta bantuan orang lain bila membawa beban yang berat.

Tidur dengan miring 
Sewaktu tidur semalaman dengan posisi yang terbentang, membuat pinggang terbebani. nah, jika anda tidur dengan posisi yang miring. akan dapat kurangi bebannya pinggang anda.

Luruskan badan 
Apabila selama ini anda duduk membungkuk atau berjalan kaki dengan membungkuk, cobalah mulai sekarang untuk membiasakan badan anda lurus, karena dengan demikian otot di pinggang dapat merasa nyaman.

Cara Mengobati Sakit Pinggang : 

Obat tradisional ataukah obat herbal untuk menyembuhkan sakit pinggang sebagai berikut :
  • 25 gram jahe merah fresh + 25 gram temu hitam fresh + 30 gram akar sawi langit fresh + 30 gram daun dewa fresh direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. kerjakan dengan teratur.
  • 30 gram daun dewa fresh + 30 gram temu lawak fresh + 25 gram daun hia/baru china fresh direbus dengan 500 cc air sampai tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. kerjakan dengan teratur.
  • 10 butir angco + – 3 buah sun boi/kiam boi + 15 gram akar bawang merah fresh + 25 gram jahe merah fresh direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. kerjakan dengan teratur.
  • 100 gram buah takokak + 30 gram rambut jagung + 20 gram jahe merah fresh + 10 gram adas direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, airnya disaring, lantas diminum hangat-hangat. kerjakan dengan teratur.
  • Cabai rawit ( dibuang tangkainya ) + jahe ( diiris-iris ) tiap-tiap secukupnya direndam dengan alkohol 75% secukupnya sepanjang 14 hari. sesudah itu air rendaman tersebut di oleskan pada pinggang yang merasa sakit. kerjakan dengan teratur.
  • 120 gram jahe merah + 150 gram bawang putih + bubuk cabai secukupnya direndam dengan alkohol 75% secukupnya sepanjang 14 hari. sesudah itu air rendaman tersebut di oleskan di bagian yang sakit. kerjakan dengan teratur.
  • Moxa dinyalakan/dibakar lantas didekatkan di bagian yang sakit dengan jarak dekat lebih kurang 2, 5 cm sepanjang 10 – 15 menit. bila terlampau panas, jaraknya agak dijauhkan. kerjakan dengan teratur. 
Catatan : anda bisa menggunakan di antara cara alamiah diatas. angco, kiam boi/sun boi, serta moxa bisa dibeli di toko obat tionghoa. saat melakukan perebusan pakai panci enamel atau periuk tanah.

Gejala Sakit Pinggang :

Gejala tanda sakit ini yaitu rasa nyeri saat menggerakkan pinggang membungkuk dan memutar ke samping kanan atau kiri. Sakit ini disebabkan oleh ketegangan otot, salah duduk, posisi tidur, cara berdiri dan berjalan yang keliru, atau akibat penggunaan alas kaki bertumit tinggi.

Seringkali ketika menangani low back pain kita lakukan pijatan di tempat yang terasa sakit, namun perlu juga diketahui tidak selalu pijatan berhasil mengatasi keluhan low back pain, apalagi sampai menyembuhkannya. manakala sakitnya karena tulang keropos, jepitan saraf, atau rusaknya ruas tulang belakang akibat penyebaran kanker, maka pemijatan barangkali justru memperburuk rusaknya tulang hingga menambah berat keluhan dan gejalanya.

Low back pain yang tidak mereda dengan pemijatan atau malah bertambah kronis perlu diwaspadai. barangkali bukan hanya sakit biasa serta perlu segera dirujuk secara medis agar tidak memburuk.

Terimakasih telah membaca artikel Cara Mengobati dan Mengatasi Sakit Pinggang, gejala dan Penyebabnya.