Cara Mengembalikan dan Meningkatkan Kreatifitas

Baca Juga

Kreativitas berarti berani untuk mengambil risiko, yaitu berani untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan dan hasilnya belum jelas. Ini berarti harus lebih berani melakukan kekeliruan secara berlebihan. Dari itu kreativitas harus mempertimbangkan segala risiko dan konsekuensi dengan cermat terlebih dahulu.
Kreativitas memang sangat diperlukan, bahkan di dunia pekerjaan maupun bisnis, kita dituntut untuk kreatif mengikuti perkembangan dan kemajuan jaman. Kreativitas juga bukan dibawa saat kita lahir, bukan bawaan gen, melainkan tumbuh dari pikiran yang senantiasa dilatih.

Epstein, seorang penulis buku-buku kreativitas, pendidikan formal adalah salah satu biang keladi pembatas kreativitas manusia sejak dini.  Selain itu, masih kuatnya pandangan negatif orangtua terhadap prospek pekerjaan di industri kreatif (misalnya film, sastra, atau desain grafis) juga membuat banyak anak muda merasa kemampuan kreatif hanya pantas didalami oleh orang-orang tertentu saja.

Padahal, hal itu tidak benar. Seperti yang ditekankan oleh John Houtz, seorang psikolog, kreativitas tidak terbatas pada kreativitas besar (big ‘C’) yang sifatnya mahakarya dan revolusioner, seperti lukisan Da Vinci atau lampu Edison. Ada pula yang namanya kreativitas kecil (litle ‘c’), yaitu kelihaian atau kecerdikan yang dapat kita gunakan untuk memecahkan masalah sehari-hari.

Houtz juga menekankan bahwa kreativitas bukanlah suatu bakat yang dianugerahkan sejak lahir, melainkan sesuatu yang harus diusahakan dengan kerja keras; Menurutnya, orang-orang kreatif adalah mereka yang memiliki kedisiplinan untuk terus menciptakan ide-ide baru dan ketekunan untuk mewujudkan ide-ide mereka.

Lalu bagaimana kita, yang mungkin merasa tidak begitu kreatif ini, dapat melatih kreativitas kita? Epstein memberikan empat cara untuk melatih kreativitas Anda. Yaitu Capturing, Surrounding, Challenging, dan Broadening.

I. Capturing.
Jangan biarkan ide stupun yang terlewatkan, manusia mempunyai sifat pelupa. Dari itu biasakan diri untuk mencatat. Mencatat Ketika ada aide telintas di pikiran Anda, catatlah di HP, atau kalau Anda sedang di tempat kerja tulislah di buku penting Anda. Membawa HP ketempat tidur adalah cara cerdas agar ide-ide Anda tidak hilang begitu saja. Ketika akan tidur atau setelah tidur, otak dalam kondisi gelombang theta, waktu ini sngat berpotensi timbulnya ide-ide kreatif. Sangat baik sekali, Anda meluangkan waktu barang 15 menit  tiap hari cukup duduk santai atau melakukan aktivitas kesukaan Anda untuk mengumpulkan ide-ide dan membawa catatan.  

II. Surrounding.
Ide-ide kreatif tidak muncul begitu saja dari dalam otak kita, melainkan hasil dari interaksi kita dengan lingkungan . Karena itu, lingkungan fisik dan sosial Anda pun sebisa mungki n harus penuh dengan kreativitas pula.Lakukan hal-hal berikut:
  1. Luangkan waktu untuk berinteraksi dengan orang yang tidk Anda kenal.  Perbanyaklah pergaulan dengan orang-orang yang latar belakang, kepribadian, atau minatnya jauh berbeda dengan Anda.  Ada banyak ide dan peluang baru yang tanpa Anda sadari. Berinteraksi dengan orang yang tidak kita kenal akan membangunkan kesadaran Anda akan ide-ide.
  2. Bergaul Dengan Orang - Orang Kreatif. Luangkan waktu untuk bergaul dengan orang-orang kreatif. Jika kita biasanya menangani kertas kerja di kantor, bergaul dengan seniman atau yang lainnya. Jika kita menikah punya anak 3, bergaul dengan orang dewasa lajang atau orang lanjut usia. Kemukakan ide kita kepada orang-orang kreatif yang tidak mengenal kita secara baik. Kita akan kaget betapa hal ini dapat meningkatkan kreativitas dan membantu kita membangkitkan ide-ide.
  3. Ikutilah seminar, penyuluhan, dan organisasi-organi sosial. Mempelajari hal-hal baru dalam suasana edukatif  dapat membangkitkan ide-ide dan meningkatkan kreativitas. Ketika mendengarkan ide-ide dan presentasi orang lain, Anda membuat koneksi yang bisa meningkatkan produktivitas kerja dan aktivitas.
  4. Mau dikritik. Kritik dapat Anda gunakan sebagai masukan untuk memperbaiki ide atau mengganti satu ide dengan ide yang lain,  jangan pernah menganggap kritik sebagai larangan untuk mengumpulkan atau mengungkapkan ide Anda. Criticism should make you more creative, not less.
  5. Bekerja di tempat lain. Untuk meningkatkan ide-ide baru, bawa tas, laptop ke lapangan. Pergi ke taman, coffee shop, atau pekarangan rumah teman. Apa yang aAnda lakukan hanyalah melakukan rutinitas kerja Anda di tempat tersebut, biarkan pikirean bebas berkelana menemukan ide-ide.  Anda tidak perlu berlatiih kreativitas. Hanya lihat sekeliling, biarkan pikiran berkelana, dan biarkan kreativitas meningkat secara alamiah.
  6. Izinkan Diri Kita Untuk Libur Kreatif.  Menonton  film, membaca majalah, melihat pemandangan di  luar jendela dan mengamati orang-orang di yang sedang melakukan aktivitasnya, misalnya di mall atau di jalan, adalah termasuk cara untuk membangkitkan lebih banyak ide. Mungkin tidak seperti kita sedang meningkatkan kreativitas atau produktivitas, tetapi otak tetap bekerja. Beribu-ribu ide cemerlang lahir di kamar mandi atau taman. Meningkatkan kreativitas tidak berarti harus dengan latihan kreativitas formal.
  7. Ubahlah tata letak rumah atau kamar Anda, cat dindingnya dengan warna baru.  Mungkin terdengar tidak berhubungan, tapi lingkungan yang fresh dan tidak monoton akan membuat pikiran Anda tetap fresh dan dinamis pula.
III. Challenging.
Ok, banyak orang yang sukses setelah gagal ratusan kali. Bersiaplah untuk gagal dengan membiasakan  diri untuk melakukan tantangan. Ketika hambatan atau rintangan muncul, saat itulah Anda perlu ide kreatif. Menantang diri sendiri dengan mencoba menyelesaikan permasalahan yang sulit bisa akan membiasakan Anda menemukan ide-ide kreatif  tidak terpikirkan sebalumnya. Konkritnya, apa yang harus Anda lakukan?
  1. Iseng-iseng mengisi sudoku atau TTS di waktu senggang adalah satu langkah awal yang baik.
  2. Mengerjaakan soal. Kalau Anda masih sekolah atau kuliah, jangan malas juga untuk membuka-buka buku soal atau studi kasus dan menyelesaikan bagian tersulitnya. Tidak masalah jika tidak ada yang bisa Anda selesaikan, yang terpenting adalah rangsangan otak yang terus-menerus.
  3. Kenali alam. Pergi ke pantai, mendaki gunung, pergi ke hutan,  pergi ke tempat yang belum Anda kenal, jalan-jalan menjelajah dapat meningkatkan kreativitas dan membantu membangkitkan ide-ide baru. Jelajahilah tempat-tempt asing dan jangan takut tersesat.
  4. Olahraga. Ketika Anda sibuk bekerja maka sering Anda malas olahraga. Coba sedikit paksa diri Anda untuk olahraga. Ini suatau tantangan.  Jalan kaki, bersepeda, berenang, mendaki  adalah contohnya. Biarkan pikiran Anda bebas ketika berolahraga, jangan sensor pikiran Anda.
IV. Broadening
Anda harus mempertahankan kreativitas Anda. Cepat atau lambat, sadar atau tidak, generasi setelah Anda akan menekan kretivitas Anda. Nah ini, untuk mempertahankannya,  orang kreatif  harus  selalu suka akan hal-hal baru, orang kreatif  harus selalu ingin menambah dan memperluas  wawasan. Jangan sungkan untuk mempelajari hal-hal baru yang mungkin tidak berhubungan dengan pekerjaan atau pendidikan Anda.  Lakukan hal-hal berikut:
  1. Membaca lebih banyak buku dan majalah, menonton film dokumenter, atau menjelajahi situs-situs pengetahuan populer seperti Wikipedia juga bisa Anda lakukan untuk mencapainya. Tidak perlulah mengikuti kursus atau kuliah malam.
  2. Kunjungi juga perpustakaan, galeri seni, pertunjukan teater, museum, seminar, pameran, diskusi buku, atau acara publik lainnya.
Dari keempat  pedoman esensial di atas, dapat kita lihat bahwa meningkatkan kreativitas bukanlah sesuatu yang sulit atau mahal untuk dilakukan. Banyak  di antara contoh konkrit yang saya ajukan pun tidak membutuhkan waktu khusus dan dapat Anda lakukan di sela-sela rutinitas keseharian Anda. Jadi tunggu apa lagi? Ajak saudara atau teman-teman Anda ikut melakukannya agar Anda lebih temotivasi! Selamat berkreativitas.