Tips Memilih Salad untuk Diet

Baca Juga

Banyak hal yang dilakukan dalam tips mengecilkan perut atau Tips Diet. Salah satunya adalah memasukkan menu makanan seperti Salad. Salad banyak dipilih sebagai menu makanan karena bahannya terdiri dari banyak jenis sayuran dan buah. Sayuran dan buah dalam salad memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, dan tentu saja karena kandungan lemak yang hampir tidak ada sama sekali.

salad untuk diet
Namun ada hal yang perlu diperhatikan dalam memilih salad dalam menu untuk diet. Tidak semua jenis salad baik untuk diet, terutama dari bahan yang terkandung didalam salad. Berikut beberapa tips memilih salad untuk diet.

Perbanyak jenis sayuran dan buah dalam salad, hal ini dikarenakan kandungan dalam setiap sayuran atau buah yang berbeda-beda sehingga untuk mendapatkan banyak manfaat vitamin dan mineral yang bervariatif. Pemilihan jenis sayuran dan buah yang berwarna seperti wortel, brokoli, paprika baik untuk varian sayuran salad. Kita juga dapat menambahkan daun basil atau daun peterseli untuk mendapatkan meningkatkan rasa, juga mendapatkan manfaat antioksidan yang terkandung pada kedua sayuran ini.

Jangan menggunakan saus atau dressing seperti mayones. Karena mayones memiliki kandungan lemak dan protein yang cukup tinggi sehingga tidak cocok untuk diet. Pilihlah dressing yang lebih baik seperti minyak kanoli atau minyak zaitun karena tidak memiliki kandungan lemak dan memiliki kandungan karotenoid yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tambahkan pula salad dengan protein nabati atau protein hewani rendah lemak. Protein memiliki manfaat yang penting untuk tubuh untuk membakar energi yang dibutuhkan selama kita beraktifitas. Pemilihan lemak nabati seperti kacang-kacangan, tahu, edamame dan ikan salmon atau daging ayam tanpa lemak sebagai protein hewani dapat menjadi pilihan protein yang baik untuk diet.

Bila suka dengan keju, silahkan menambahkannya dalam menu saladnya. Gunakan jenis keju rendah lemak dalam menu salad dapat meningkatkan rasa dan manfaat kalsium dalam keju sangat baik untuk kesehatan tulang.

Pemilihan bahan untuk salad sangat penting untuk program diet kita. Selain sebagai menu makanan yang sehat karena banyak mengandung vitamin dan mineral, salad juga sangat baik untuk diet sehat yang sedang dijalani. Selamat mencoba.