Cara Cegah Penyakit Struma ( Gondok ) sedini mungkin

Baca Juga


Teman-teman semua ayo tetap selalu menjaga kesehatan diri kita. cegah sedini mungkin setiap penyakit yang akan menyerang kita. Disisni saya akan memberikan sedikit uraian tentang penyakit Gondok (Struma). Beberapa bulan yang lalu Ibu saya mengalami serangan penyakit ini hingga harus operasi di Rumah Sakit yang ada di ponorogo dan akibat dari operasi ini Ibu saya beberapa bulan tidak bisa ngomong secara normal beliau hanya bisa ngomong layaknya orang bisik-bisik. Disamping itu tidak bisa noleh kekanan ataupun kekiri layaknya orang normal. Tetapi Alhamdulillah hingga cerita ini saya muat Ibu saya sudah sembuh dan semoga penyakit tersebut tidak datang lagi. Berikut ini seputar penyakit Struma (Gondok) :

Penyakit gondok,struma,adalah pembengkakan atau benjolan yang besar pada leher sebagian depan (pada tenggorokan) dan itu terjadi di akibatkan pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal. Kebanyakan penyakit gondongan ini disebabkan oleh kekurangan yodium dalam makanan. Umumnya penderita penyakit gondok tidak merasakan gejala apapun,namun ada sebagian kecil yang mengalami gejala sebagai berikut:

1. Kelenjar ludah telinga / parotitis yang kelihatan membengkak.
2. Mulut tegang dan nyeri, terutama bila mengunyah dan menelan.
3. Sering muntah-muntah dan nafsu makan berkurang.
4. Suhu badan naik.
5. Kadang-kadang telinga serasa berdengung.

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas, segera lah anda memeriksakan diri kedokter supaya dapat ditangani dengan serius, karena kalau tidak ditangani secara cepat, kelenjar pada leher semakin hari akan semakin membesar dan dapat mengganggu pernapasan hal ini tentu saja akan mengganggu aktifitas anda.

Cara Pencegahannya adalah sbb:
Sesuai dengan yang diatas bahwa penyakit gondok itu di sebabkan oleh kurangnya asupan yodium didalam tubuh jadi cara yang tepat untuk mencegah penyakit ini adalah dengan memakan makanan yang mengandung yodium. Berikut adalah Makan makanan yang mengandung banyak unsur yodium .
1. Ikan laut
2. Ganggang
3. Sayur-sayuran hijau
Foto diatas adalah foto penyakit Ibu saya yang berhasil diangkat oleh tim Dokter

Semoga artikel ini bermafaat