Tips Paling Baik untuk Hidup Sehat

Baca Juga

"Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat" begitu kata pepatah lama.  Ada juga pepatah lain "Kesehatan adalah kekayaan". Dan masih banyak lagi kata-kata dan kalimat yang mengingatkan kita akan pentingnya kesehatan dalam tubuh. Anda bisa dikatakan memiliki kekayaan yang sempurna apabila memiliki tubuh yang sehat. Jadi kekayaan materi tidak akan berarti apa-apa apabila si empunya sedang dalam keadaan sakit-sakitan. "Ia memang kaya raya, tapi sayang orangnya sakit-sakitan", begitu kan kata mereka.

Mau sehat semua tergantung kita punya tubuh. Seperti apa yang difirmankan oleh Allah Swt, Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jika tidak kaum itu sendiri yang merubahnya. Sehat juga begitu. Allah tidak akan memberikan nikmat kesehatan pada seorang hamba jika tidak hamba itu sendiri menjaga kesehatan dengan baik. 5 tips berikut ini insya Allah bermanfaat untuk anda ( saya juga bro ) jika ingin mempunyai tubuh yang sehat.


1. Olahraga

Melakukan olahraga dengan teratur sangat penting untuk hidup sehat. Sebab dengan olah raga bisa memungkinkan kita membakar lemak dalam tubuh kita, meregangkan otot dan jaringan, membuat peredaran darah , pencernaan, pernafasan, dan sistem ekskretoris bekerja dengan baik.

Dengan Olahraga maka kita bisa tidur dan istirahat dengan baik. Berbagai jenis olahraga yang bisa kita lakukan seperti: basket, berjalan, jogging,  bersepeda,  berjalan, melompat, menari, sepakbola, dll. Pilih salah satu dari jenis olah raga tersebut. Cobalah sebisa mungkin hingga keluar keringat. Berolah raga sedikitnya dua jam setiap minggu.

2. Makanan


Kesehatan tubuh setiap orang bergantung pada apa yang ia konsumsi/makan. Orang yang makan dan melakukan diet seimbang; kaya protein, vitamin,  karbohidrat, mineral, lemak dan minyak serta air maka pasti akan sehat. Tubuh dengan gizi seimbang akan mengembangkan antibodi yang cukup kuat untuk berperang melawan setiap antigen yang masuk ke dalam tubuh. Semua sel dan jaringan yang rusak sebab kegiatan sehari-hari akan diisi ulang.

Sebaliknya orang yang mengkonsumsi alkohol, merokok, mengambil obat keras dll, akan membahayakan kesehatannya. Hal-hal akan menghancurkan sistem kekebalan tubuh, sel-sel dan jaringan. Akibatnya, tubuh akan terkena penyakit seperti diabetes, kanker, tekanan darah tinggi, dll.

Silahkan pilih, mau makan yang sehat atau makan makanan yang tidak sehat ?

3. Bekerja

Bekerja tidak hanya bermanfaat untuk menciptakan peluang penghasilan buat kehidupan kita. Tapi pekerjaan juga sangat penting untuk mempertahankan hidup sehat. Bekerja dapat menciptakan kekayaan, dan kekayaan digunakan untuk mempertahankan hidup sehat. Sebuah kata pepatah berkata "dia yang tidak bekerja tidak boleh makan".

Tidak bekerja sama saja dengan membiarkan tubuh anda akan digerogoti berbagai penyakit. Seperti air. Kalau air itu mengalir maka biasanya jernih. Beda dengan air yang menggenang, banyak sekali kotoran yang hinggap.

4. Beristirahat

Tubuh kita sama dengan sebuah mesin yang dapat memanas jika tidak  didinginkan setelah seesai bekerja dalam jangka waktu lama. Maka lakukan istirahat. Istirahat membantu tubuh kita menjadi lebih fresh/segar, lebih efisien dan tentu lebih produktif.

Saat kita beristirahat, metabolisme tubuh melambat, dan pada saat itu dilakukan perbaikan pada sel-sel dan jaringan. Beberapa orang telah menyalahgunakan tubuh mereka dengan bekerja sepanjang tahun dan pada akhirnya adalah merusak sistem tubuh mereka. Maka sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk liburan dan bersantai, ini sangat baik untuk kesehatan Anda. :)

5. Lingkungan

Lingkungan adalah sesuatu yang ada di luar tubuh kita. Lingkungan juga sangat penting untuk membantu terciptanya kesehatan dengan baik. Tempat kita tinggal menentukan keadaan kesehatan kita. Sebuah lingkungan yang kotor rawan nyamuk, udara daerah tercemar tentu akan membahayakan kesehatan kita. Jika kita menjaga lingkungan kita tetap bersih, maka niscaya hidup kita akan selalu sehat. Untuk itu mari kita jaga lingkungan dengan sebaik-baiknya untuk menjaga kesehatan.

Ingin sehat ? Mari kita lakukan tips di atas dengan baik. Semoga manfaat.