Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Baca Juga

Batu ginjal merupakan benda seperti batu yang mengendap di dalam ginjal. Orang yang memiliki batu ginjal bisa tidak merasakan sakit selama batu ginjal tersebut berada di salah satu atau kedua ginjal orang tersebut.

Rasa sakit akan timbul ketika batu ginjal tersebut keluar dari ginjal dan masuk ke dalam saluran ureter lalu bergerak menuju ke kandung kemih. Rasa sakit tersebut tergantung pada bentuk dan ukuran batu ginjal. Bau ginjal tersebut dapat menghalangi aliran air seni dan juga bisa menyebabkan pendarahan.

artikel tentang penyakit batu ginjal, penyebab batu ginjal, pencegahan penyakit batu ginjal
Batu ginjal berukuran kecil dapat terbuang bersama urin tanpa hambatan. Namun, batu ginjal yang berukuran besar dapat menyebabkan rasa sakit saat hendak keluar dari dalam tubuh.

Batu ginjal berukuran besar yang terjebak di dalam saluran ureter bisa menyebabkan tekanan dan rasa sakit. Batu ginjal yang terjebak di dalam saluran ureter dapat menyebabkan infeksi. Hal ini juga bisa mengakibatkan ginjal mengalami kerusakan.


Penyebab Penyakit Batu Ginjal
Batu ginjal dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah kurang minum air. Selain itu, sering menahan buang air kecil juga dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Kandungan kalsium yang terlalu berlebihan dalam tubuh juga dapat menimbulkan batu ginjal.

Pengobatan Penyakit Batu Ginjal
Batu ginjal dapat diobati dengan menggunakan produk kesehatan tertentu. Dengan produk tersebut, batu ginjal bisa keluar bersama urin berbentuk serpihan. Batu ginjal dengan ukuran besar dapat diangkat dengan cara operasi.

Pencegahan Penyakit Batu Ginjal
Batu ginjal dapat dicegah dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memperbanyak minum air. Minum 2 sampai 3 liter air dalam sehari cukup untuk membersihkan ginjal dari zat yang dapat menimbulkan kontaminasi. Minum air yang cukup dapat menjaga tubuh dari dehidrasi. Hal lain yang perlu dihindari untuk mencegah batu ginjal adalah meminum alkohol dan soda. Kedua minuman tersebut dapat mengakibatkan dehidrasi yang tidak baik untuk ginjal.

Selain itu, pencegahan batu ginjal juga bisa dengan mengubah pola makan dan menyesuaikan garam dan mineral yang dapat menyebabkan batu ginjal. Terlalu banyak kalsium dalam tubuh juga dapat menyebabkan batu ginjal. Contoh minuman yang kaya akan kalsium adalah susu.

Batu ginjal juga dapat disebabkan karena asam urat. Memakan makanan yang dapat meningkatkan produksi asam urat dapat menimbulkan pembentukan batu ginjal. Mengurangi memakan makanan jeroan dapat mengurangi asam urat di dalam tubuh yang juga mengurangi resiko terkena batu ginjal.