sepuluh (10) Kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan otak kita

Baca Juga

Kadang kita tidak sadar banyak hal yang kita lakukan yang merupakan kebiasaan kita adalah hal yang berbahaya terhadap kesehatan kita, salah satunya adalah terhadap otak kita. Dan kadang kita menganggap hal itu sepele, namun coba simak beberapa hal dibawah ini :

 1.   Tidak Makan Pagi

Sering kitamengabaikan atau tidak mengkonsumsi makan pagi sehingga kita memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.
 
 

2. Makan Terlalu Banyak
 Nah ini adalah kebalikan hal pertama, Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun. So makan itu penting tapi ya secukupnya
 
3. Merokok
 Kebiasaan laki-laki yang sulit hilang adalah merokok. Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.
 
 
  4. Mengkonsumsi gula terlalu banyak
 Kebanyakan orang senang dengan makanan dan minuman yang manis. Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak
 
 
  5. Polusi Udara
 Kehidupan perkotaan semakin sulit mendapatkan udara bersih. Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.
 
 
6. Kurang Tidur
Begadang kadang menjadi trend . Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.
 
 
7. Menutup kepala saat tidur
Tanpa sadar kadang kita merasa nikmat kalau kita tidur dengan menutup kepala menggunakan tangan, Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.
 
 

  8. Menggunakan pikiran saat sakit
Hard worker.Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak serta dapat merusak otak.
 
 

9. Kurang menstimulasi pikiran

 Malas berpikir, suka hal yang instant.Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.
 
 
   10. Jarang Berkomunikasi
 Pendiam atau menyendiri. Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.