Cara Mencegah dan Mengobat Sakit Ginjal

Baca Juga

Info sehat kali ini akan menjelaskan tentang Ginjal, gejala gagal ginjal dan cara mencegah serta mengobati sakit ginjal. Ginjal adalah organ tubuh berbentuk seperti biji kacang merah, letaknya di dekat tulang belakang. Fungsi ginjal adalah sebagai alat filtrasi untuk mengeluarkan kelebihan garam, asam dan air. Gagal ginjal pada umumnya terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun. Maka sebaiknya penderita gagal ginjal mengetahui sejak dini sehingga bisa ditangani secepat mungkin.

Penyakit ginjal terjadi ata sering menyerang seseorang tanpa adanya keluhan sama sekali dari penderitanya. Penyebab gagal ginjal yang utama adalah penyakit diabetes dan penyakit genetik seperti kelainan kekebalan, cacat lahir dan sebab-sebab lainnya. Berikut adalah gejala-gejala yang harus diketahui berkaitan dengan menurunnya daya kerja ginjal yang berpotensi terjadinya gagal ginjal.

  1. Penimbunan sampah dalam darah. Hal ini ditandai dengan kelelahan, sekujur tubuh terasa sakit-sakitan, gatal, kram, mudah lupa, susah tidur, mual-mual, tidak ada nafsu makan, daya tahan tubuh terhadap infeksi kurang
  2. Masalah keseimbangan cairan. Penimbunan cairan dengan tanda-tanda  pergelangan kaki dan awajh membengkak. Sebaliknya  pengeringan cairan ditandai dengan mata yang sangat cekung, mulut kering, hampir tidak ada lendir dalam mulut.
  3. Gangguan hormon. Dengan berkurangnya daya kerja ginjal bisa menyebabkan ginjal lebih banyak menghasilkan lebih banyak hormon atau extra hormon. Akibatnya akan menambah hormon tekanan darah. Sebalinya hormon-hormon yang lain berkurang produksinya. Maka hal ini menyebabkan tubuh kekurangan darah, lelah dan juga tulang menjadi rapuh.

Bagaimana cara mencegah dan mengobati Gagal Ginjal ? Silahkan simak artikel berikutnya di lain waktu. Semoga tetap sehat ya.

Sumber : Bulletin Sidogiri Edisi 70 Jumadats Tsaniyah 1433