Penyakit Reseola / tampek / herpes

Baca Juga

Bagikan DEFINISI                                                                 Roseola Infantum adalah suatu penyakit virus menular pada bayiatau anak-anak yang sangat muda, yang menyebabkan ruam dan demamtinggi. Roseola biasanya menyerang anak yang berumur 6 bulan - 3tahun.PENYEBAB Penyebabnya adalah virus herpes tipe 6 dan 7. Virus disebarkan melaluipercikan ludah penderita. Masa inkubasi (masa dari mulai terinfeksisampai timbulnya gejala) adalah sekitar 5-15 hari. Biasanya penyakitini berlangsung selama 1 minggu.
GEJALA                                
 Demam timbul secara tiba-tiba, mencapai 39,4-40,6° Celsius danberlangsung selama 3-5 hari. Meskipun demam tinggi, tetapi anak tetapsadar dan aktif. Pada saat suhu tubuh mulai tinggi, 5-10% penderitamengalami kejang demam (kejang akibat demam tinggi).Bisa terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di belakang kepala,leher sebelah samping dan di belakang telinga. Limpa juga agakmembesar. Pada hari keempat, demam biasanya mulai turun.Sekitar 30% anak memiliki ruam (kemerahan di kulit), yang mendatarmaupun  menonjol, terutama di dada dan perut dan kadang menyebar kewajah, dan tungkai.Ruam ini tidak menimbulkan rasa gatal dan berlangsung selama beberapajam sampai 2 hari.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

PENGOBATAN
 Untuk menurunkan demam, bisa diberikan asetaminofen. Kepada anak-anaktidak boleh diberikan aspirin karena bisa menyebabkan sindroma Reye.Sebaiknya anak dikompres dengan menggunakan handuk atau lap yang telahdibasahi dengan air hangat (suam-suam kuku). Jangan menggunakan esbatu, air dingin, alkohol maupun kipas angin.Usahakan agar anak minum banyak air putih atau potongan-potongan esbatu, larutan elektrolit atau kaldu. Selama demam, sebaiknya anak menjalani tirah baring.