Kenapa Kemampuan Bahasa Inggris Saya Gini-Gini Aja? (Part II)

Baca Juga

Jika Anda mengikuti posting sebelumnya, maka berikut ini adalah tips-tips yang semoga bisa membantu Anda tuk terus meningkatkan kemampuan bahasa inggris Anda. Cekidot... :)


Keep Your Motivation Steadily High
Dengan motivasi yang tinggi, anda akan merasa enjoy (tidak merasa terpaksa) untuk menghabiskan waktu berjam-jam membaca atau menghafal grammar, membuka dictionary, dan praktek bahasa inggris. Jika anda cepat merasa bosan, itu berarti motivasi Anda belum cukup tinggi. Kalau saya dulu, sekedar contoh, motivasi itu tinggi karena saya sangat ingin bisa bercakap-cakap dengan my foreign friends (teman-teman saya yang berasal dari luar negeri). Lalu, apa motivasi anda belajar bahasa Inggris?

Karena bahasa Inggris sangat kompleks, tentu saja butuh waktu untuk mempelajarinya. Banyak teman kita menyerah di tengah jalan karena kurang sabaran, karena terlalu ingin tiba di garis finish dalam waktu yang singkat. Saran saya, don’t be too ambitious to touch the finish line in a very short time! Hal ini selain akan membuat fondasi grammar anda tidak kokoh, juga dapat mematahkan motivasi anda. Rileks saja, sooner or later you will get there.


Use Good Learning Media That Fit You
Media belajar yang tepat tergantung pada karakter dan lifestyle seseorang. Media yang tepat untuk orang lain belum tentu tepat untuk anda, begitu juga sebaliknya. Berikut adalah beberapa saran saya dalam memilih dan memanfaatkan media yang ada:
1. Jangan gunakan kamus yang hanya berisikan arti kata saja. 
(i.e. can = dapat, month = bulan, plough = membajak, etc). Why? Karena kalimat-kalimat yang anda buat biasanya salah. Coba perhatikan ke-3 contoh kalimat berikut, yang salahnya kemungkinan besar akibat dari penggunaan kamus seperti itu:
You must can (Kamu harus bisa)
The month goes round the earth (Bulan mengitari bumi)
Three people ploughed the airplane (Tiga orang membajak pesawat itu).
2. Jika anda suka dengarkan lagu-lagu barat then keep doing so, 
Teruslah mendengarkan lagu-lagu favorit Anda, dan jika anda tidak dapat "menangkap" lyrics-nya, silakan cari di internet. 
Berikut adalah manfaat dari mendengarkan lagu berbahasa Inggris:
- Dapat meningkatkan listening skill anda.
- Dapat mengetahui how a certain word is pronounced.
- Dapat membantu membangun vocabs anda karena kata-kata di dalam lagu lebih lama melengket di dalam memori anda, apalagi lagu-lagu tersebut bertemakan love. :)
- Dapat membantu mengingat pola-pola kalimat tertentu. 


Misalnya, dari lagunya The Corrs berjudul “What can I do” dapat kita jadikan acuan tentang penggunaan modal can dalam kalimat tanya, ataupun mendapatkan pola kalimat dari lagu “It Must have Been Love” oleh Roxette dll. Please, listen of those my favourite songs. I've learnt so much from that songs. 
Ketika anda bersenandung kecil di kamar mandi, anda sesungguhnya sedang practice speaking, membentuk pola, etc.


3. Jika anda suka nonton DVD, then watch DVD movies. Sub-title dari DVD movies tersebut akan membantu anda memahami bagaimana kata-kata tertentu dilafalkan. Pilihlah movies yang paling bagus menurut anda sehingga anda tidak merasa bosan untuk mutarnya lagi.


4. Gunakan fasilitas chatting, email, or whatever that uses English.


5. Bergabung dengan English Online Course yang sudah terpercaya dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Jangan lihat berapa biaya yang akan Anda keluarkan, tapi pikirkan bahwa bahasa inggris adalah investasi masa depan Anda. Pikirkan hal-hal baru apa yang bisa anda lakukan jika anda sudah menguasai bahasa inggris. Dan cobalah bergabung dengan forum diskusi atau forum pembelajaran bahasa inggris yang banyak tersedia di Internet. Biasakanlah menulis dan bercakap-cakap menggunakan english text or english language karena... Practice makes perfect! :)