Pemesanan Tiket KA Offline dan Online

Baca Juga

Pemesanan Tiket KA Offline dan Online


 
Untuk KA Komersial ( Eksekutif dan Bisnis )
A. Penjualan dan pemesanan di Loket stasiun PT. KA.
  1. Penjualan melalui loket di stasiun dilayani atau dibuka mulai 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud.
  2. Untuk pemesanan tiket, dilayani mulai 30 hari sampai dengan 3 jam sebelum keberangkatan.
  3. Pembayaran tiket sesuai dengan tarif KA yang bersangkutan.
B. Pemesanan lewat Pusat Reservasi
  1. Pembelian atau pemesanan tiket KA dilayani mulai dari 30 hari sampai dengan jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud.
  2. Calon bisa datang langsung untuk memesan tiket dengan membayar sesuai tarif dan yang bersangkutan bisa langsung memperoleh tiket yang diinginkan.
C. Penjualan lewat Agen
  1. Penjualan lewat agen ini dilayani mulai dari 30 hari – 1 hari sebelum keberangkatan KA yang dimaksud
  2. Calon penumpang bisa datang langsung untuk membeli tiket dengan membayar sebesar tarif plus ekstra charge dan bisa langsung memperoleh tiket yang diinginkan.
  3. Penjualan lewat agen ini hanya melayani penjualan tiket KA untuk penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
D. Penjualan lewat Call Center
  1. Penjualan atau pemesanan melalui sistem ini dilakukan di Call Center KA melalui nomor panggilan 121 dan 021 - 21391121 .
  2. Setelah itu penumpang akan mendapatkan kode booking / kode bayar yang selanjutnya penumpang dapat melakukan pembayaran lewat e-banking.
  3. Untuk saat ini bank yang bisa melayani adalah ATM Bank Mandiri, Bank BII, Bank BRI dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah.
  4. Pembayaran dilakukan maksimal 3 (tiga) jam setelah mendapatkan kode booking.
  5. Resi pembayaran ATM kemudian ditukarkan ke loket penjualan di stasiun yang sudah online.
  6. Pemesanan tiket dianggap batal jika pembayaran melalui ATM tidak dilakukan dalam periode waktu 3 jam tersebut.
  7. Pemesanan tiket lewat Call Center ini dilayani mulai 30 hari sampai dengan 1 hari sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan.
  8. Pemesanan tiket tersebut hanya untuk tiket dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
E. Penjualan lewat loket PT. POS
  1. Penjualan dengan sistem ini dilayani mulai 30 hari sampai dengan 2 hari sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan.
  2. Pemesanan / penjualan dengan sistem ini dilayani di loket kantor Pos yang sudah online.
  3. Dalam pemesanan / penjualan tiket dengan sistem ini, calon penumpang bisa langsung membayar tiket KA sebesar tarif plus ekstra charge.
  4. Kemudian calon penumpang memperoleh resi atau bukti pembayaran yang oleh calon penumpang akan digunakan untuk menukarkan tiket di stasiun.
  5. Pada resi yang diberikan oleh PT. POS ini sudah ada informasi mengenai KA, tanggal keberangkatan, al dan tujuan, dan juga ada informasi kode booking / kode bayar yang akan dipakai stasiun untuk mencetak tiket.
  6. Pemesanan / pembelian tiket KA melalui sistem ini juga hanya melayani penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
 
Untuk KA Ekonomi :
A.
Pada prinsipnya penjualan tiket KA Ekonomi dilakukan secara langsung di loket stasiun sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan
B.
Beberapa Daop tempat pemberangkatan awal KA melayani pemesanan tiket KA Ekonomi yang pelaksanaannya diatur sesuai kebijakan Daop masing-masing
C.
Untuk KA kelas Ekonomi yang sudah menggunakan tiket komputer baru 3 Daop, yaitu Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung dan Daop 8 Surabaya ; itupun baru dari stasiun awal pemberangkatan KA
 
(sumber : http://kereta-api.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=51&Itemid=59)