Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Anda Secara Online

Baca Juga

Inilah beberapa Tips untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda (writing) dalam bahasa Inggris yang bisa Anda latih secara atau ketika Anda sedang On-line :

1. Biasakanlah menulis
Untuk bisa menulis Anda harus membiasakan diri untuk menulis. Yup, mulailah menulis apa-apa yang anda pikirkan baik dalam situasi formal ataupun informal. Mulailah dengan kalimat-kalimat pendek dan kalimat-kalimat sederhana. Cobalah Update status Anda di Facebook menggunakan Bahasa Inggris :)


2. Gunakan Kamus Online
Anda bisa mencobanya di Google Translate. Dapatkan hasil maksimal dengan memahami bagaimana menggunakannya dengan benar. Anda dapat menggunakan kamus bahasa Inggris yang baik untuk menemukan kata-kata, untuk arti, untuk pengucapan, untuk memeriksa ejaan dan untuk memahami penjelasan.

3. Gunakan e-paper atau e-Magazine
Cobalah untuk menyalin dari bagian-bagian pendek dari teks bahasa Inggris dari surat kabar online atau majalah online. Pahami struktur bahasa dan penggunaan kata-kata dalam membentuk sebuah kalimat di dalamnya. Dan agar lebih mudah, pilihlah topik atau tema yang Anda sukai atau Anda memiliki minat di dalamnya. Contoh e-paper bisa Anda lihat di sini.

4. Latihan Dikte
Anda bisa melakukan ini secara online bersama teman-teman anda di jaring social (social network), forum chat dll atau undang teman Anda untuk membacakan teks bagi Anda untuk menulis dan kemudian mintalah dia untuk memeriksa tulisan Anda (berkonsentrasilah pada ejaan dan tanda baca).

5. Gunakan Forum di Internet
Ada banyak forum di internet. Pilihlah satu yang Anda memiliki minat atau hobi di dalamnya. Amati hal-hal yang menyenangkan dari penggunaan forum tersebut, dan mohon koreksi kepada para anggota didalamnya jika Anda berpikir bahwa Anda telah membuat kesalahan dalam menuliskan sebuah posting atau komentar. Hati-hati di dalam penggunaan singkatan saat menulis di forum, memang sangat menyenangkan dan efisien, tetapi dapat menyebabkan terbentuknya kebiasaan buruk dalam menulis.

6. Gunakan Blog
Cobalah menggunakan blog untuk membuat catatan harian tentang hidup Anda (diary). Tulis dalam bahasa Inggris dan jika Anda memiliki kemampuan untuk menahan kritikan, mintalah umpan balik. Ingat, blog tidak pribadi, jadi jangan menulis apa-apa yang Anda tidak ingin seluruh dunia untuk membaca. Saya sarankan buatlah di Blogger, karena gratis dan sangat mudah digunakan.

7. Gunakan English Spell Checker
Jika Anda menggunakan komputer, ada banyak sekali program atau aplikasi yang menggunakan pemeriksa ejaan bahasa Inggris (tetapi tidak bergantung pada itu). Ada spell checker di aplikasi Microsoft word, atau yang sudah dibuat untuk Google, Google mail, browser Firefox dll.

8. Chat dengan para native speaker
Cobalah untuk mencari teman-teman pena penutur asli (native speaker) dari luar negeri dan berbicara serta menulislah dalam bahasa Inggris kepada mereka. Anda bisa menggunakan layanan messenger seperti MSN, Yahoo Messenger, Google Talk atau carilah chatroom. Katakan bahwa Anda sedang melatih kemampuan bahasa Inggris Anda dan mintalah mereka untuk mengoreksinya. Jika Anda tidak bisa menemukan penutur asli, Anda bisa kemudian menghubungi para pembelajar lainnya. Jangan lupa pelajari dan perhatikan netiquette Anda (etika di dalam Internet) dalam berhubungan dengan orang lain di sebuah forum atau chatroom.

*Dari berbagai sumber