Donasi

Waka-Waka lagu resmi piala Dunia 2010

Baca Juga


KONSER - Penyanyi asal Kolombia, Shakira, saat menampilkan lagu resmi "Waka Waka (This Time for Africa)", di acara Konser Kick-off PD 2010, di Stadion Orlando, Soweto, Kamis (10/6) malam lalu. Foto: Martin Rose/Getty Images. 
PIALA Dunia (PD) 2010 tak hanya membawa berkah materi bagi masyarakat Afrika Selatan (Afsel). Banyak pihak-pihak lain yang juga kecipratan rejeki. Salah satunya adalah grup band Kamerun, Golden Sound alias Zangalewa.


Si cantik Shakira memang tidak menyumbang uangratusan juta kepada Golden Sound.  Namun, Shakira dinilai sukses membawakan lagu Waka Waka (This Time for Africa) sebagai anthem song Piala Dunia (PD) 2010.

Personil Golden Sound memang memiliki kedekatan khusus dengan lagu tersebut. Rupanya, lagu yang dibawakan Shakira pada konser pembukaan pesta even sepakbola terakbar di Stadion Orlando, 10 Juni malam itu, mengambil sebagian lirik single hit grup band yang beranggotakan para anggota militer Kamerun itu, yakni "Zamina Mina Zangalewa" yang ngetop di tahun 80-an.

"Saya benar-benar berterima kasih kepada Shakira. Itu membuat kami bisa kembali bersama-sama lagi dan kembali bekerja," jelas Ze Bella.

walau hanya mengambil refrain lagu itu, kehidupan Ze Bela memang berubah drastis. Sudah sejak setahun lalu mereka tak manggung bareng. Kini, mereka bisa berkumpul kembali. Malah, bisa jadi mereka bisa tampil di hadapan publik pada tur-tur yang diatur pada perjanjian kerjasamaitu.

"Tahu tidak. Saya sedang di perkebunan di salah satu desa kecil, saat saya menerima telepon yang mengabarkan berita itu. Saya benar-benar tak menyangka," ujar Ze Bella pula.

Pada Mei lalu, FIFA mengumumkan bergabung dengan Sony Record, dan memilih Waka Waka (This Time for Africa) sebagai lagu resmi PD 2010. Shakira dipilih sebagai co-producer sekaligus penyanyi lagu tersebut. Dia tak tampil sendirian, tapi ditemani oleh grup band pop Afsel, Freshlyground.

Memang FIFA pun sejak awal sudah memberitahukan jika lagu itu terinspirasi dari salah satu grup band asal Kamerun. "Refrain-nya kami ambil dari nyanyian Kamerun," sebut FIFA pada situs resminya.

Golden Sound dan produser Waka Waka membuat perjanjian kerjasama dengan manajer grup band , Didier Edo. Dia pun mengatakan bahwa mereka tak dirugikan dengan perjanjian itu.
Golden Sound lahir di Afrika dan beranggotakan orang-orang Afrika di pertengahan 1990-an. Single mereka yang paling terkenal adalah Zangalewa. Maka tak mengherankan jika Golden Sound juga tenar dengan nama Zangalewa. "Zangalewa" merupakan bahasa slang (gaul) Kamerun, yang maksudnya untuk menggambarkan rasa puas ekspresi penembak jitu. Asal-muasal kata itu adalah Zanga-lowa, yang artinya "Siapa yang menelepon Anda?" dalam bahasa Ewondo.

Ze Bella menggubah lagu itu tak sendirian. Dia kerja bareng dengan dua rekannya, Guy Dooh dan Emile Kojidie. Zangalewa didirikan oleh para jebolan anggota orkestra kepresidenan yang bertugas untuk meningkatkan kesehatan dan energisitas musik. Salah satu hits mereka yang juga diadaptasi oleh Shakira adalah "A Dream Comes True".

"Waka Waka menjadi bukti, jika hit yang kami lahirkan bukanlah hit kacangan, bukan?" ujar Dooh. "Kami berharap bisa mendapatkan apresiasi dari pihak internasional," .

Sementara itu, Edo merasa sangat puas Zangalewa bisa menjadi sejarah. "Itu fakta sejarah, bahwa sekelompok warga Kamerun menjadi inspirasi lagu resmi PD pertama di Afrika," katanyanya
Download Lagu Waka-waka Shakira disini