Fit & charming

Baca Juga

Rambut Indah Berkat Strawberry

Rambut merupakan sebuah mahkota bagi setiap kaum perempuan dan kurang lebih 100.000 helai rambut tumbuh di kepala serta setiap helai tumbuh dalam waktu 2-6 tahun.

Suatu hal yang normal jika 50-100 helai rambut mengalami kerontokan setiap harinya. Bila rambut rontok maka rambut baru akan tumbuh kembali. Fungsi evolusioner dari rambut adalah melindungi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin. Rambut yang sehat dan rapih akan mempengaruhi penampilan seseorang.

Tetapi bila rambut Anda kaku dan susah diatur sebaiknya Anda coba masker strawberry untuk melembutkan rambut Anda tanpa menyebabkan efek samping. Hal ini dikarenakan keasaman dari buah strawberry mengandung formula yang bisa membuat rambut Anda menjadi lebih lembut, halus dan mengkilap.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melumatkan 8 buah strawberry lalu campurkan dengan 1 sendok makan mayonnaise. Setelah itu, cucilah rambut Anda hingga bersih lalu balurkan campuran tersebut sambil Anda pijat-pijat.

Langkah selanjutnya, setelah Anda pijat-pijat sebaiknya Anda tutup kepala Anda dengan shower cap lalu dibungkus dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat. Diamkan selama kurang lebih 30 menit agar meresap ke dalam kulit kepala Anda.

Terakhir, bilaslah dan cuci rambut Anda hingga bersih. Sebaiknya Anda keringkan rambut secara alami saja, jangan menggunakan hair dryer. Selamat mencoba.


Berkerut? Makan Tomat Dong...

Tomat yang terkenal dengan kandungan lycopene-nya diduga dapat mencegah kerut dan bintik hitam akibat sinar matahari. 80% kerut disebabkan oleh sinar matahari dan lycopene merupakan salah satu antioksidan ampuh sehingga dapat menghentikan proses penuaan yang diakibatkan paparan sinar matahari.

Makan pasta tomat yang kaya lycopene secara dramatik dapat mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan sinar matahari. Makan pasta tomat dicampur dengan minyak zaitun selama 10 minggu sebagai tambahan dalam menu Anda yang biasa. Lycopene adalah antioksidan yang sangat ampuh dan senjata hebat dalam mencegah kerusakan kulit yang disebabkan radikal bebas.

Tambahkan sejumlah hidangan tomat yang dimasak ke dalam menu Anda seperti spaghetti, pizza, sup tomat atau lainnya. Jika memungkinkan pilihlah tomat yang dimasak daripada mentah. Meski tomat mentah mengandung banyak lycopene tetapi bila dimasak maka kandungannya akan meningkat hingga 4 kali lipat.

Tambahkan irisan tomat segar pada sandwich dan hamburger. Gantilah mayonaise dalam sandwich dan hamburger dengan pasta tomat maka Anda akan mendapatkan cita rasa yang sama sekali berbeda.

Ada baiknya Anda minum 1 gelas jus tomat setiap hari daripada jeruk. Karena dengan meminum jus tomat maka Anda akan mendapatkan lycopene dan vitamin C. Jika Anda tidak suka dengan tomat maka Anda bisa meminum suplemen lycopene tetapi sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Menurut para ahli, menambahkan tomat ke dalam menu mendatangkan banyak manfaat. Lycopene juga terkenal dengan khasiatnya dalam memerangi jantung dan kanker. Jadi selain untuk kesehatan kulit wajah, Anda juga bisa mencegah penyakit lainnya. Selamat mencoba.





Cantik Hingga Tua

Siapa yang tak ingin wajah tetap terlihat segar dan memukau sampai tua? Mengapa tak coba persiapkan sejak dini? Tetap sehat sampai tua nanti, siapa tak mau? Apalagi, badan sehat juga membuat wajah tampak menarik dan enak dilihat. Jika Anda ingin cara instan, tentu sulit. Namun, cara yang paling ampuh adalah memperlakukan badan Anda dengan kasih, kapanpun, sejak dini.

Maksudnya, tubuh Anda yang unik dan merupakan karya cipta yang ajaib, tentu layak diperhatikan dan dipelihara. Salah satunya, mengapa tak mendengar apa kata badan Anda. Tubuh sering kali memberikan cara untuk memberitahu Anda bahwa ia sedang perlu 'disayang'. Misal, badan Anda sudah sangat lelah, beristirahatlah! Pakailah sun block setiap keluar rumah. Janganlah lupakan juga pentingnya moisturizer atau pelembab. Untuk titik hitam dan kerut yang mulai muncul di kulit, Anda bisa menengok berbagai cara untuk menghilangkan kerut yang ditawarkan pelayanan kesehatan terpercaya.

Makanan tentu harus diperhatikan. Sejak muda, cobalah untuk terus makan dengan menu seimbang. Vitamin, tidak boleh dilupakan. Seorang ahli dari Universitas ternama di Amerika Serikat mengatakan vitamin amat berguna untuk mencegah timbulnya penuaan dini pada kulit dan kanker. Beta karoten, vitamin C dan vitamin A, termasuk vitamin yang direkomendasikannya. Vitamin E yang juga salah satu antioksidan, bisa ditemukan di buah-buahan seperti alpukat dan kacang-kacangan. Anda juga bisa cukupi antioksidan dari suplemen. Jangan lupakan juga mineral seperti kalsium yang diperlukan bagi tulang Anda.

Selain vitamin dan mineral, minumlah banyak air. Kesehatan kulit juga sangat bergantung pada tercukupinya kebutuhan air Anda. Jika Anda kekurangan air, maka kelembaban kulit akan berkurang dan kulit tampak kusam. Minumlah sekitar 2,5 liter air setiap harinya. Jangan juga lupakan protein, kita masih membutuhkannya sampai tua. Serat sangat dianjurkan dikonsumsi, namun jangan kebanyakan karena akan berpengaruh pada sistem pencernaan Anda.

Katakanlah tidak untuk merokok jika ingin kulit sehat. Bahkan, berada dalam lingkungan yang banyak asap rokok juga akan berpengaruh buruk pada kulit Anda. Ahli mengatakan merokok dan juga asap rokok membuat kulit tampak kusam. Pada sekitar mulut perokok akan terbentuk kerut yang mengganggu.

Olah raga, menjadi suatu kebutuhan bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan kulit. Dengan berolahraga, oksigen yang sangat diperlukan tubuh akan lebih banyak dihirup paru-paru. Dengan demikian, aliran pembuluh darah akan semakin lancar. Ini baik untuk keteraturan dalam tubuh Anda. Tentu, Anda termasuk, kulit Anda pun akan lebih sehat.

Namun, yang tak boleh Anda lupakan adalah mengatasi stres. Yang satu ini bisa membuat wajah Anda tak bersinar karena kerut merut yang mulai bertambah sesuai mood Anda. Juga karena mimik wajah Anda yang sedih dan tak bersemangat. Monalisa dalam karya Leonardo da Vinci pun tak akan tampak begitu mempesona kalau dia dilukis dengan wajah yang cemberut.