Cara Mebuka Situs yang di Blokir Internet Positif tanpa Aplikasi

Baca Juga

PJ Blog | Sebelum kita membahas sebagaimana judul, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu kenapa Pemerintah memblokir situs-situs tertentu ya gaes. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) membuat aturan yang bertujuan mendorong masyarakat agar menggunakan internet secara sehat dan aman. Program ini disebut dengan Internet Sehat dan Aman (INSAN), di mana situs diblokir adalah situs yang mengandung konten pornografi, perjudian, penipuan, cyberbullying, konten dewasa, dan lain sebagainya.

Hal ini pun didukung dengan regulasi pemerintah seperti Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.Sejak peraturan ini diberlakukan ketika kita akan mengakses situs yang dianggap melanggar maka secara otomatis akan dialihkan ke halaman Internet Positif atau lainnya.

Namun sayangnya kebijakan sebagaimana tersebut diatas berdampak pada beberapa situs yang bermanfaat pun sebagian tak luput dari pemblokiran ini. Tetapi tenang saja bagi kita yang akan mengakses berbagai situs yang diblokir sebagaimana tersebut diatas, karena di dunia internet bisa dibilang tidak mungkin tidak ada celah, sebagus apapun sistemnya selalu ada cara untuk menerobosnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuka situs yang terblokir salah satunya menggunakan aplikasi VPN. Tetapi aplikasi itu sendiri hampir tidak ada yang benar - benar gratis, melainkan kita harus mengeluarkan sedikit uang untuk menggunakannya. Adapun yang dilabeli dengan kata - kata ‘gratis’ tetapi biasanya ketika aplikasi tersebut dibuka akan penuh dengan iklan yang tentunya sangat menggangu.

Salah satu cara yang mungkin bisa kita lakukan untuk membuka atau menerobos blokiran tersebut adalah dengan menggunakan situs proxy
yaitu suatu server yang bertindak sebagai gateway untuk menyediakan layanan untuk meneruskan setiap request dari pengguna ke tujuan dari request itu sendiri. Begitupun situs proxy kurang lebih cara kerjanya sama dengan proxy server.

Berikut ini bisa kita jadikan rujukan beberapa pilihan situs proxy gratis yang sudah disediakan, diantaranya ProxySite.com, HideMyAss.com, Hide.me, Anonymouse.org, Whoer.net, KProxy.com, 4EverProxy.com, BlewPass.com, SecureFor.com, DontFilter.us. Adapun cara menggunakannya kalian cukup buka saja salah satu dari situs proxy di atas, lalu masukan link atau URL situs yang terblokir dan tekan tombolnya. Situs proxy di atas memang berbeda - beda tetapi kurang lebih caranya sama.