Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Lengkap dan Tips Cara Membuat Lamaran Pekerjaan

Baca Juga

Setiap orang pasti membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk memperoleh pekerjaan tentunya harus melalui berbagai tahapan terlebih dahulu, dimana salah satu contoh tahapannya adalah membuat surat lamaran pekerjaan. 
Surat lamaran kerja adalah surat yang sengaja dibuat dengan tujuan untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan atau instansi tertentu. Surat lamaran kerja umumnya dibagi menjadi 2 yakni surat lamaran kerja berdasarkan inisiatif pribadi serta surat lamaran kerja berdasarkan iklan. Surat lamaran kerja adalah surat resmi. Oleh karena itu, jika anda akan membuat surat lamaran kerja ada hal-hal tertentu yang wajib di perhatikan.




Ketika di bangku sekolah Menengah (biasanya SMA) sebenarnya kita sudah dibekali dengan pelajaran mengenai dasar-dasar cara membuat surat lamaran kerja. Tetapi banyak siswa yang ketika sekolah hanya membuatnya sebagai cara untuk memenuhi tugas saja, setelah itu dilupakan ilmunya. Jadi ketika sudah akan masuk ke dunia kerja umumnya mereka harus belajar dari awal lagi tentang cara menulis surat lamaran pekerjaan. 

Format amplop Surat lamaran kerja. Sumber gambar : http://lihatloker.com/
Lalu sebenarnya bagaimana cara membuat surat lamaran kerja umum yang baik dan benar? Jangan sampai anda membuat lamaran kerja asal-asalan saja tanpa format dan isi yang baik.  Salah Satu hal yang pasti mempunyai pengaruh diterima atau tidaknya seseorang yang mengirimkan lamaran kerja di suatu perusahaan adalah dari bagaimana dia membuat surat lamaran kerjanya apakah baik atau tidak. Pastinya perusahaan akan menilai mulai dari aspek penulisan, kerapihan, formatnya, dan kreativitasnya. kali ini penulis akan berbagi artikel tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar beserta contoh surat lamaran kerja bahasa inggris maupun contoh surat lamaran kerja bahasa indonesia yang bisa digunakan oleh anda sesuai dengan kebutuhan.




Baca Juga : Penjelasan Lengkap Narrative Text dan Kumpulan Contoh Narrative Text Berbagai Tema beserta arti dan generic structurenya

Format struktur surat lamaran kerja yang baik dan benar
1.Tempat dan tanggal penulisan surat
2.Perusahaan yang ingin dituju
3.Salam hormat
4.Kata pengantar
5.Biodata pribadi
6.Pengalaman kerja dan kemampuan (skill)
7.Harapan
8.Penutup


Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris
Sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/
Tips dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik, baik dan benar
  1. Menggunakan bahasa baku sesuai EYD
  2. Format penulisan tersusun rapi dengan bahasa yang tidak bertele-tele
  3. Surat lamaran kerja harus dibuat oleh diri sendiri 
  4. Lengkapi surat lamaran kerja anda dengan dengan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat anda melamar kerja
  5. Lampirkan berkas - berkas pendukung lainnya misalnya sertifikat kegiatan, pengalaman kerja ataupun lainnya yang sekiranya mampu membuat perusahaan tertarik kepada anda
  6. Proof Read. Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan yang telah dibuat serta memastikan semuanya tidak ada yang salah. Pastikan tidak ada kata-kata yang bertele-tele, pastikan surat lamaran anda sudah menggunakan tata bahasa yang digunakan sesuai (baik dan benar) serta tidak terdapat kesalahan dalam pengejaan karena ada sebuah pendapat :"Satu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan Anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan".
  7. Dalam pembukaan anda perlu menyebutkan darimana Anda memperoleh informasi mengenai lowongan kerja tersebut. MIsalnya, Anda dapat menyebutkan bahwa Anda memperoleh informasi lowongan pekerjaan tersebut dari iklan yang terdapat di surat kabar, Internet, atau dari manapun anda memperolehnya.
  8. Apabila latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, maka tuliskan dengan singkat pendidikan tertinggi Anda. Kalau Anda pernah mendapatkan pendidikan di institusi ternama, maka alangkah baiknya Anda menuliskannya juga di surat lamaran kerja.
  9. Dalam membuat penutup surat lamaran kerja, anda harus mengingatkan pembacanya bahwa Anda mempunyai yang sangat keinginan kuat untuk memperoleh pekerjaan tersebut serta yang terakhir jangan lupa ucapkan "Terima kasih" dan salam penutup.
Contoh surat lamaran kerja bahasa indonesia
Sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/


CONTOH SURAT LAMARAN PEKERJAAN BAHASA INGGRIS DAN BAHASA INDONESIA

1. CONTOH SURAT LAMARAN KERJA BAHASA INGGRIS



Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 1
Indramayu, 29 February 2016

Personal Manager of House of English

Wisma Wahidin, Jalan Kridos No. 11

Indramayu

I read your advertisement on loker.com at 20 February and I am interested to be part of your company. I am a student at English Department of Indramayu University.
Your company is an educational company that focusing on giving English private lesson. I believe I have all the requirements to be one of your private teacher. I am 20 years old and now at my 8th semester at on my study. I am good at English both oral and written, and I am also studying how to be a good teacher at class.

I hope you will grant me an interview and the opportunity to give you more details about my self.

Yours faithfully,

Bonbon Wahidin


Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 2
Sorong, June 30th 2016


Attention To: Human Resources Department
PT. Cikedung
Jl. Slader No. 27
Merauke

Dear Sir/Madam,
I have read from your advertisement at Radar Sorong that your company is looking for employees to hold some position. Based on the advertisement, I am interested in applying application for Engineer position according with my background educational as Mining engineer.

My name is Iswandi Lubis, I am twenty five years old. I have graduated from Mining engineering Department at University of Singapore on may 2015. My specialization in Mining Engineering is blasting engineer. I consider myself that I have qualifications as you want. I have good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work with a team (team work) or by myself. Beside that I posses adequate computer skill and have good command in English (spoken and written).

With my qualifications, I confident that I will be able to contribute effectively to your company. Herewith I enclose my :

1. Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate and Academic Transcript.
2. Curriculum Vitae.
3. Copy of Job Training Certificate from Associaton of Indonesian Engineer.
4. Recent photograph with size of 4x6

I would express my gratitude for your attention and I hope I could follow your recruitment test luckily.

Sincerely



Fahmi Roikardo





2. Contoh Surat lamaran Kerja Bahasa Indonesia

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA DI BANK
Kepada YTH. 
Bapak Pimpinan
PT. BANK Bukopin Jambi
Jl. Sandaran No. 45 Jambi

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari website Bank Bukopin Jambi mengenai adanya informasi lowongan kerja  untuk bagian Teller, maka dengan ini saya :

Nama                              : Aulia Dita
Tempat/Tanggal Lahir         : Jakarta, 5 Mei 1995
Alamat                            : Jl. Kaleng No. 65 Jambi
No. Telepon                      : 089876777654
Email                               : Aulia27@ymail.com
Status                              : Belum Menikah
Pendidikan Terakhi             : S1 Ekonomi

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Curriculum Vitae.
2. Foto copy ijazah S1- dan transkrip nilai.
3. Foto copy Kartu tanda penduduk.
4. Pass photo terbaru.

Demikian surat lamaran yang saya buat dengan sebenar - benarnya, besar harapan saya untuk dapat bergabung dengan perusahaan yang bapak/ ibu pimpin. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.


Jambi, 05 Maret 2016
Hormat Saya,





Aulia Dita




Contoh Surat Lamaran Kerja Umum 
Hal : Lamaran pekerjaan


Kepada Yth.,
Bapak/Ibu Personalia 
PT. NAF
Jl. Mandala No. 99
Tasikmalaya


Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. NAF yang saya dapatkan dari harian Kedaulatan Rakyat pada tanggal 27 Februari 2016. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MK) di PT. NAF


Berikut ini adalah biodata singkat saya
Nama                             : Rizky Febriansyah
Tempat / tanggal lahir       : Bandung, 29 Februari 1996
Pendidikan Terakhir          : S1 Manajemen Informatika
Alamat                           : Jl. Pilar Utama No. 16, Tasikmalaya
Telepon (HP)                   : 083842112113


Pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Saya memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja, dan latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan, selain itu saya juga ahli dalam mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, seperti Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, antara lain :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto Copy Ijazah S1
3. Foto Copy Transkrip Nilai
4. Foto copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
5. Foto 3x4 yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih terperinci lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.


Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, terima kasih atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu Personalia.





Hormat Saya,




Rizky Febriansyah


Selain contoh - contoh di atas, sebenarnya masih banyak cara menulis surat lamaran pekerjaan. Setelah selesai mengirimkan surat lamaran kerja beserta berkas-berkas lainnya maka siapkan diri anda jika anda harus menghadapi sesi wawancara dengan pihak perusahaan, pelajari surat lamaran kerja dan CV yang telah anda buat serta jawablah dengan jujur dan dengan jawaban yang menarik agar membuat perusahaan menyesal jika tidak menerima anda.
Sekian artikel tentang surat lamaran kerja ini, semoga bermanfaat bagi Fresh graduated atau siapapun yang ingin melamar di perusahaan umum, BUMN, BUMD, Bank maupun badan usaha lainnya. Semoga bermanfaat.





Tags:
  • Surat Lamaran Kerja Indomaret
  • Surat Lamaran Kerja Alfamart 
  • Surat Lamaran Kerja Bank
  • Surat Lamaran Kerja BUMN
  • Surat Lamaran Kerja BUMD
  • Surat Lamaran Kerja Perusahan Asing