Baca Juga
Bebenet | Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial (Facebook, Twitter, Flickr, dll). Satu fitur yang unik di Instagram adalah unggah foto dan menerapkan filter menarik yang bisa dipilih. Bisa juga unggah video berdurasi 1 menit yang tentunya ada filter menariknya.
Instagram dapat digunakan di semua smarphone dengan berbagai platform sistem operasinya. Semakin banyak pengguna instagram maka bisa berpotensi menjadikkannya tempat untuk berbisnis.
Berikut ini adalah 9 tips dan strategi jitu untuk kembangkan bisnis online melalui instagram :
1. Informasi profil
Jangan tertutup dan harus selalu terbuka, gunakan identitas asli tentang keberadaan toko atau lokasi offline anda. Jelaskan toko online anda tentang apa, untuk siapa, bisa shipping ke mana, cara menghubungi seperti apa, cara memesan lewat apa. Jelaskan!
2. Unggah foto produk paling bagus
Kadangkala hasil potret dari smartphone tidaklah bagus. Bila perlu pergunakan digital camera khusus yang hasilnya bagus dan kemudian olah di akun Instagram Anda. Pilih foto-foto andalan karena foto yang kreatif juga akan menambah ketertarikan terhadap calon pembeli.
3. Sebarkan ke jejaring sosial lainnya
Ketika siap untuk melepas foto hasil olahan di instagram, selanjutnya ikut sertakan foto itu tersebar ke jejaring sosial sosial Anda lainnya semisal Facebook, Twitter dll. Penyebaran itu sama seperti publikasi viral dan diketahui oleh banyak orang.
4. Follow sebanyak-banyaknya
Banyak teman adalah banyak rejeki dan berlaku pula jika inisiatif memperbanyak teman bakal mendatangkan follower balik. Ketika Anda follow seseorang, maka sistem itu melakukan notifikasi kepada orang itu dan berpotensi untuk melihat Anda dan foto-foto yang ada didalamnya.
5. Gunakan hashtag yang tepat sasaran
Contoh jika Anda bisnis makanan dan akan upload foto makanan, ciptakanlah hastag dalam deskripsinya semisal #satekambingbali. Maka orang-orang yang suka sate kambing di Bali akan menemukan postingan Anda.
6. Upload video atau foto proses bisnis secara berkala
Pembeli yang lokasinya dekat dengan toko offline atau lokasi Anda pasti akan datang secara langsung meskipun hanya sekedar untuk melihat atau memastikan bahwa lokasi tempat dari toko online anda ini benar-benar ada. Manfaatkan hal semacam ini untuk membuat sebuah video transaksi antara pembeli dan anda sebagai pemilik toko, jangan lupa untuk membuat video testimonial! Lalu unggah situasi dan kegiatan para pekerja di toko offline anda.
7. Berikan konten hiburan
Tujuan dari instagram didirikan adalah agar setiap orang berbagi foto ataupun video. Agar tidak terlalu monoton berikan upload foto/video yang bersifat menghibur, seperti memberikan foto lucu, atau video lucu. Kadangkala hal ini akan bangkitkan celotehan ringan dari para follower, sehingga kita tidak terlalu kaku dalam berbisnis.
8. Edukasi
Berikan konten-konten foto/video yang bersifat edukasi kepada para follower. Kadangkala pembeli tidak ingin sia-sia membeli produknya dengan mengetahui manfaatnya secara mendalam.
9. Buat Foto Galeri Online Di Blog/Website
Lho kok masih perlu website? Ya karena konten yang berada di instagram tidaklah seluas/sebanyak yang berada dalam website. Tetaplah website menjadi tujuan akhir informasi lengkap bagi bisnis Anda. Sesekali cantumkan nama website Anda di deskripsi konten instagram Anda. Selamat mencoba.