Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi..16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun.Gratis 1 OTG,Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke  SHOPEE :VIDEO EDUKASI ISLAMI atau klik wa 081296355567 untuk WA ke Admin langsung

4 Cara Mengatasi Burung Lovebird Over Birahi Dan Cirinya

Baca Juga

Cara Mengatasi Burung Lovebird Over Birahibirahi merupakan proses normal yang dimiliki setiap makhluk hidup, namun terkadang birahi itu muncul dengan cara over / berlebihan yang disebabkan oleh banyak faktor.

Contoh saja lovebird, mungkin dalam satu kandang terdapat dua burung saja yang over birahi itu tidak masalah, lantas bagaimana bila dalam satu kandang terdapat banyak lovebird?
Tentu membuat burung lainnya menjadi korbannya, karena pada masa birahi prilaku lovebird menjadi aneh yang selalu menyerang lovebird lainnya.

8 Ciri Burung Lovebird Over Birahi Dan Kerugiannya

Over birahi merupakan peningkatan libido untuk berkembang biak yang tidak wajar, ada 7 ciri umum dalam mengenali lovebird yang sedang over birahi ini, diantaranya :

1.Burung lovebird selalu menganiaya diri sendiri (bila itu di kandang sendirian), dengan cara mencabut bulunya hingga rontok



2. Burung lovebird over birahi tampak agresif
Salah satu tanda lovebird birahi dapat dikenali dengan mudah adalah point nomer dua ini, tingkah menjadi agresif, kesana kemari, menggigit dan mangguk – mangguk tidak jelas. Contoh video dibawah ini :


3. Burung Menjadi Tidak Bunyi, Meskipun Burung Itu Jawara Sekalipun
Hal ini sangat normal, memang semasa perkawinan atau birahi muncul normal maupun over, memiliki ciri yang sama. Lovebird pada masa ini, biasanya sibuk dalam membangun sarang dan menjalin hubungan, bagaimana over birahi bila dikandang sendirian? Jawabnya sama, tidak bunyi

4. Burung Lovebird Memang Agak Aneh Terlihat Mengawini Tangkringannya Sendiri
Agak aneh memang, bila burung lovebird tidak terpuaskan birahinya ke lovebird lain, tentu hal ini pasti terjadi.


5.Burung Mengacak Apapun Yang Ada Di Sarang
Tak hanya gurami, makanan pun ikut di acak – acak dilempar kesana kemari, ups perlu diingat biar nanti tidak salah paham. Lovebird mengacak ngacak seperti bahan yang mudah hancur seperti kardus, itu sangat wajar. Perilaku demikian sudah ada sejak burung lovebird dilahirkan, bila dianalisis  mulut lovebird sangat gatal, maka dari itu lovebird suka menggigit kandang dan mengacak – acaknya.

Namun bagaimana dengan lovebird yang over birahi?

Tentu ini sangat tidak wajar, bila burung lovebird biasa mengacak – acak makanan 2 minggu sekali (tidak terus terusan), burung lovebird yang over birahi justru setiap saat dan setiap hari.

6.  Burung Menjadi Galak Dan Menyerang Lovebird Disampingnya
Inilah paling fatal bila lovebird over birahi dicampurkan ke kelompok menyebabkan kematian ataupun luka sobek karena gigitan lovebir gila ini.Tak hanya menyerang lovebird sekitar, burung yang dulunya menjadi pasangannya pun ikut diserang.

7. Bila Over Birahi Muncul Ketika Sedang Meloloh, Anaknya Bakal Tidak Di Urus
Burung lovebird over birahi juga menyebabkan burung tersebut tidak mau mengasuh anak – anaknya, sehingga mau tidak mau manusialah yang meloloh anak lovebird tersebut, silahkan baca cara meloloh anak lovebird , bila anda dibiarkan anak lovebird tersebut akan mati.

8. Membuang Telur Dan Anaknya Sendiri Dari Sangkar
Hal ini mungkin jarang terjadi, namun anda harus mengamati tersebut karena tanpa anda sadari paginya anak burung lovebird sudah tergeletak di bawah. Solusi pada masalah ini anda yang harus melolohnya, dan siapkan sangkar sendiri dengan lampu biasa untuk penghangat.

Inilah 4 Cara Mengatasi Burung Lovebird Yang Over Birahi

Inilah cara – cara yang dilakukan oleh peternak ataupun jawara pada umumnya :

1. Sering Memandikan Lovebird
Mandi merupakan solusi yang awal yang digunakan untuk menangani lovebird yang over birahi. Pada umumnya lovebird dimandikan pada pukul 8.00 dan 15.00 selama 10 menit dalam satu kali pemandian, namun pada lovebird  yang mengalami over birahi pemandian lebih ditingkatkan contohnya .08.00, 10.00, 14.00, 18.00, dan 23.59 selama 30 menit.

Pemandian yang lebih dari biasanya digunakan untuk meredam birahi yang muncul, dengan demikian hasrat tersebut dapat tertutupi.

2. Penjemuran Dikurangi
Banyak pendapat bahwa selain pemandian ditingkatkan, penjemuran juga ditingkatkan. Jawabnya adalah salah, justru penjemuran adalah faktor yang harus dikurangi ketika lovebird mengalami over birahi, mengapa demikian?
Jawabnya adalah karena sinar matahari mengandung banyak vitamin dan juga pemicu burung tersebut menjadi birahi. Maka tak heran bila pada saat pukul 06-00 hingga 09.00 burung tersebut sangat berkicau.
Cara mengatasi lovebird over birahi pada point dua adalah mengurangi batas waktu penjemuran, berkisar antara 10 – 15 menit dalam satu hari. Yang terpenting adalah mengurangi bukan meniadakan penjemuran karena dapat menyebabkan lovebird tersebut sakit.

3. Pemberian Kangkung, Kwaci Dan Jagung Dihentikan
Makanan – makanan diatas adalah makanan yang mengandung afrodisiak yang berfungsi sebagai merangsang birahi sex pada lovebird. Untuk lovebird yang mengalami over birahi sebaiknya dihentikan sementara.

4. Memasukan Lovebird Ke Dalam Kandang Yang Luas Atau Dikenal Dengan Umbaran
Mengumbar adalah langkah yang paling digunakan para peternak, 80% over birahi dapat segera teratasi dengan cara ini. Namun sebelum mencampurkan kedalam satu kandang sebaiknya menandai burung tersebut yang berguna untuk mewaspadai aktifitas lovebird yang over birahi, karena bila tidak sembuh kemungkinan dapat menyerang lovebird yang di dekatnya.
Bila ditelusuri cara ini memang ampuh karena memberikan kebebasan lovebird untuk terbang karena lelah dikurung di tempat yang kecil.